Perawatan Rambut Rontok Di Rumah

Tidak ada yang lebih menarik daripada rambut kepala yang tebal dengan kesehatan alami. Tapi rambut rontok adalah masalah bagi orang banyak yang mengalaminya.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadikan rambut rontok seperti dampak lingkungan, penuaan, terlalu banyak stres, merokok, kekurangan gizi, ketidakseimbangan hormon, faktor genetik, kulit kepala infeksi, penggunaan produk rambut yang salah atau mengadung bahan kimiawi, alat penata rambut, kehamilan dan lainnya


Pada kulit kepala anda, ada sekitar 100.000 helai rambut dan hal ini dianggap sangat normal apabila kehilangan 50 hingga 100 helai sehari. Tetapi ketika anda mulai kehilangan lebih dari itu, sekarang saatnya bagi anda untuk mengambil beberapa tindakan sehingga tidak menjadikan kebotakan atau bintik-bintik botak. Banyak bahan yang tersedia dapat digunakan untuk mengobati kerontokan rambut di rumah.

Berikut 10 Cara Perawatan Rambut Rontok Di Rumah.

1. Memijat Mengunakan Minyak Rambut

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rambut rontok adalah Memijat kulit kepala dengan minyak rambut yang tepat. Pijat rambut dan kulit kepala yang tepat akan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, membuat kondisi kulit kepala lebih baik, dan meningkatkan kekuatan akar rambut. Juga akan merelaksasi dan mengurangi perasaan stres.

Anda dapat menggunakan minyak rambut seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, minyak jarak, minyak amla, atau yang lainnya. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary ke minyak yang akan dipakai untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Jenis lain dari minyak yang dapat Anda gunakan adalah minyak emu, minyak argan, dan minyak gandum.
  • Pilih salah satu minyak rambut yang disebutkan di atas ke rambut dan kulit kepala dengan menerapkan tekanan ringan dengan ujung jari Anda.
  • Lakukan hal ini setidaknya sekali seminggu.

2. Buah Amla atau Indian Gooseberry

Untuk pertumbuhan rambut alami dan cepat, anda dapat menggunakan indian gooseberry, juga dikenal sebagai buah amla. Buah amla ini kaya akan vitamin c, apabila didalam tubuh kurangan vitamin c dapat menyebabkan rambut rontok.

Anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri dan sifat exfoliating hadir di buah amla, dapat membantu menjaga kulit kepala yang sehat dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Campur satu sendok makan indian gooseberry atau sari buah amla dan jus lemon.
  • Pijat kulit kepala Anda dengan campuran secara menyeluruh. Kemudian tutup rambut menggunakan topi mandi.
  • Biarkan semalam dan shampo rambut anda di pagi hari.
3. Fenugreek atau Biji Klabet

Fenugreek, juga dikenal sebagai biji klabet atau methi, sangat efektif dalam mengobati rambut rontok. Biji klabet mengandung hormon pendahulunya yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu membangun kembali folikel rambut. Mereka juga mengandung protein dan asam nikotinat yang merangsang pertumbuhan rambut.
  • Rendam satu cangkir biji fenugreek dalam air semalam.
  • Di pagi hari, kemudian digiling hingga menjadi pasta klabet.
  • Oleskan pasta  tersebut ke rambut dan tutup dengan topi mandi. Setelah sekitar 40 menit, lalu bilas rambut anda.
  • Lakukan setiap pagi selama satu bulan.
4. Jus Bawang Merah

Jus bawang merah membantu mengobati kerontokan rambut karena kandungan sulfur yang tinggi, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, regenerasi folikel rambut dan mengurangi peradangan.

Sifat antibakteri dalam jus bawang merah juga membantu membunuh kuman dan parasit, dan mengobati infeksi kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Dalam sebuah penelitian tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of  Dermatology, hampir 74 persen dari peserta penelitian yang menerapkan jus bawang pada kulit kepala mengalami pertumbuhan rambut kembali yang signifikan.

  • Ambil 4 bawang merah dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan 20 ml air dan saring. Kemudian menerapkan langsung ke kulit kepala. Biarkan selama sekitar 30 menit, dan kemudian mencucinya. Kemudian, shampo rambut anda.
  • Campurkan tiga sendok makan jus bawang dan dua sendok makan gel lidah buaya. Bisa juga menambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Terapkan campuran ini ke kulit kepala anda, kemudian sambil dipijat dan biarkan setidaknya 30 menit sebelum membilasnya dan shampo rambut anda.
Ulangi salah satu obat ini dua atau tiga kali seminggu selama beberapa minggu.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut yang  sehat. Juga, sifat alkalizing dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih diinginkan, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penggunaan rutin juga dapat meringankan gatal kulit kepala, mengurangi scalp kemerahan dan peradangan, menambah kekuatan dan kilau rambut dan mengurangi ketombe. Kedua gel lidah buaya dan jus akan bekerja.
  • Ambil gel lidah buaya atau jus, kemudian pijat merata ke kulit kepala.
  • Biarkan selama beberapa jam dan kemudian bilas dengan air hangat.
  • Ulangi proses tiga sampai empat kali seminggu.

Anda juga dapat mengkonsumsi satu sendok makan jus lidah buaya setiap hari pada waktu perut kosong untuk menikmati pertumbuhan rambut yang lebih baik.

6. Akar Manis

Akar manis adalah ramuan lain yang mencegah rambut rontok dan kerusakan lebih lanjut pada rambut.

Sifat mollifying akar manis dapat membuka pori-pori, merelaksasi kulit kepala dan membantu menyingkirkan iritasi seperti serpih kering. Obat ini baik untuk ketombe, rambut rontok dan kebotakan.

  • Tambahkan satu sendok makan akar manis untuk satu cangkir susu dengan seperempat sendok teh kunyit. Campur secara menyeluruh.
  • Terapkan campuran akar manis dan susu tadi pada bagian yang botak pada waktu menjelang tidur dan biarkan semalam.
  • Di pagi hari, cuci rambut anda.
  • Ikuti pengobatan ini sekali atau dua kali seminggu.
Anda juga dapat mengambil akar manis untuk dijadikan dalam bentuk teh akar manis.bisa diminum tiga kali sehari.

7. Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu memiliki banyak sifat alami yang dapat membantu dalam mengobati rambut rontok. Sebagai tambahan secara langsung dalam pertumbuhan rambut, bunga ini dapat juga digunakan untuk mengobati ketombe, mencegah rambut bercabang, menebalkan rambut dan mencegah beruban prematur. Untuk mengobati rambut rontok:
  • Tambahkan 10 bunga kembang sepatu ke dua cangkir minyak kelapa.
  • Panaskan sampai hangus. Saring untuk mengambil minyak.
  • Oleskan minyak pada rambut anda sebelum tidur. Mencuci rambut anda di pagi hari.
  • Mengulang ini beberapa kali seminggu.
Anda juga dapat membuat teh dengan bunga ini dan menggunakannya untuk membilas rambut dan untuk mendorong pertumbuhan yang tepat.

8. Jus Buah Bit

Jus bit mengandung karbohidrat, protein, kalium, fosfor, kalsium dan vitamin B dan C. Semua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehat.
  • Selain penting untuk rambut, jus bit bisa juga digunakan untuk diet . Selain itu, jus bayam, alfalfa jus, jus selada, atau jus wortel akan membantu menjaga rambut sehat.
  • Bisa juga, menggiling beberapa daun bit, kemudian direbus dalam air, biarkan dingin dan oleskan pasta pada kulit kepala anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya. Ulangi beberapa kali dalam seminggu.
9. Biji Rami atau Benih Bunga Flax

Biji rami adalah sumber yang kaya omega-3 asam lemak yang dapat mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut.
  • Untuk merawat rambut rontok, bisa mengkonsumsi satu sendok makan biji rami yang sudah digiling dengan segelas air, setiap hari di pagi hari. Dapat juga menambahkan biji rami untuk salad, sup, smoothie, dan hidangan lainnya.
  • Anda juga dapat mengambil minyak biji rami dan diterapkan ke rambut dengan sedikit memijat kulit kepala. Ketika digunakan sebagai minyak rambut, minyak biji rami dapat membantu mencegah rambut rontok serta memperkuat rambut.

10. Santan

Santan kaya protein dan lemak esensial yang secara langsung membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Bila diterapkan pada rambut, santan memberikan hasil yang cepat.
  • Anda dapat membuat santan kelapa segar di rumah dengan menambahkan parutan kelapa ke panci berisi air.
  • Biarkan mendidih selama 5 menit. Kemudian saring.
  • Setelah dingin, oleskan santan secara menyeluruh ke atas kulit kepala dan ke rambut. Biarkan selama 20 menit dan kemudian shampo rambut.
Untuk membuat pengobatan yang lebih efektif, dapat mencampur lada hitam dan biji klabet, bubuk santan sebelum menggunakannya.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok Anda, cobalah beberapa solusi alami. Juga, mengikuti diet yang baik akan menjaga rambut Anda sehat. Jadi, makan sayuran hijau dan buah-buahan segar sebanyak mungkin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perawatan Rambut Rontok Di Rumah"

Post a Comment